Ingin makan ayam goreng khas Korea, ke Moon Chicken by Hangry aja. Yuk pastikan apakah Moon Chicken halal MUI atau tidak di sini

Moon Chicken Halal MUI atau Tidak, sih?

Posted on

ISLAMBUZZ.ID- Kamu mungkin bertanya-tanya, untuk apa sih mempertanyakan apakah Moon Chicken halal MUI atau tidak. Bukannya mereka cuma menyediakan menu ayam. Bukankah banyak penjual ayam goreng di pinggir jalan yang belum punya sertifikat halal MUI?

Ya, itu ada benarnya. Kadang-kadang kita tidak banyak bertanya pada kehalalan makanan yang kita konsumsi selama ini. Terutama yang sudah familiar dan lumrah seperti ayam goreng.

Dan memang sampai sekarang tak banyak warung-warung di pinggir jalan yang memiliki sertifikat halal MUI.

Dari laporan yang dikeluarkan oleh analisa.com, dari jutaan warung makan di Indonesia, hanya ada sekitar lima ribu warung yang telah terdaftar halal di LPPOM MUI.

Titik Kritis Kehalalan Ayam Goreng

Tidak semua yang kita sangka halal itu betul-betul sudah halal, tidak mengandung unsur-unsur yang haram. Contohnya pada ayam goreng.

Baca Juga:  Chateau Premiere Apakah Halal dan Tidak Mengandung Alkohol? Dari Sparkling Red Grape Juice dan White Grape Juice

Sejatinya ayam termasuk hewan yang halal untuk dimakan. Namun perkembangan kuliner hari ini yang semakin modern, memungkinkan hewan-hewan halal terkontaminasi dengan sesuatu yang haram.

Pada ayam goreng misalnya, terdapat beberapa titik kritis kehalalan yang musti diperhatikan:

  1. Apakah disembelih sesuai syariat Islam
  2. Dapur. Apakah dapur dan segala alat yang digunakan saat pengolahan tidak terkontaminasi dengan sesuatu yang haram.
  3. Bumbu tambahan. Pastikan semuanya halal

Kini kita tak lagi bisa memastikan suatu makanan halal hanya karena berasal dari bahan dasar yang halal. Karena itulah, sesuai UU tentang Jamina Produk Halal, pada Oktober 2024 nanti, semua makanan baik di pinggir jalan maupun di restoran semuanya wajib memiliki sertifikat halal dari MUI dan BPJPH.

Lalu, Moon Chicken Halal MUI atau Tidak?

Perbedaan antara ayam yang disajikan di Moon Chicken dan ayam goreng di pinggir jalan tentu pada konsepnya yang disajikan ala Korean food. Ini termasuk penggunaan bumbu, saus, serta cara pengolahannya.

Baca Juga:  Ingin Makan Latiao, Tapi Latiao Halal atau Tidak, ya?

Nah, dalam sebuah rilis yang diterbitkan LPPOM MUI, terdapat beberapa titik kritis pada masakan Korea, yaitu:

  1. Saus. Saus khas Korea kebanyakan dihasilkan dari proses fermentasi.
  2. penyedap rasa atau MSG di dalamnya memiliki proses microbial. Perlu ditelusuri terbuat dari apa proses microbial tersebut? Karena dikhawatirkan menggunakan unsur babi di dalamnya.
  3. gula cair juga harus waspada karena bisa jadi terbuat dari tulang babi. Jika gula cair tersebut keruh bisa dipastikan tidak ada tambahan lain (campuran dari hewan). Namun demikian, apabila warnanya bening perlu hati-hati karena bisa jadi ada tambahan lain yaitu proses pemurnian dengan campuran tulang babi.

Karena itulah tak mungkin mengetahui apakah Moon Chicken halal tanpa melihat sertifikat halal yang dikeluarkan oleh LPPOM MUI.

Baca Juga:  Menu Noodle King Halal MUI atau Tidak, Cek Kehalalan Mie Korea

Hingga tulisan ini dibuat, Moon Chicken yang berada di bawah naungan brand Hangry belum terdaftar halal di LPPOM MUI.

Bolehklah Konsumsi Moon Chicken yang Belum Halal MUI?

Tidak semua makanan yang belum halal MUI berarti haram. Label sertifikat halal hanyalah suatu kepastian yang menjamin bahwa suatu makanan benar-benar halal dari proses hulu hingga hilir.

Pada akhirnya, keputusan untuk mengkonsumsi Moon Chicken kembali kepada diri masing-masing. Namun ada baiknya untuk menghindari perkara yang belum jelas.***

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Oldest
Newest Most Voted
Inline Feedbacks
View all comments